Meresapi Kehidupan Tradisional Penduduk Kampung Cisarua

Meresapi Kehidupan Tradisional Penduduk Kampung Naga
Kampung Cisarua (foto: indonesiafair)
MERASA penat dengan kehidupan perkotaan? Ada baiknya Anda meluangkan waktu beberapa hari untuk menikmati kehidupan yang tak biasa di Kampung Cisarua.

Jalan-jalan ke daerah Jawa Barat, cobalah untuk mendapatkan sebuah pengalaman baru yang tak terlupakan. Di Kabupaten Sukabumi, Anda dapat menemukan sebuah kampung adat yang dikenal dengan nama Kampung Cisarua. Kampung ini tepatnya berada di Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Ada ratusan orang yang masih menjalani kehidupan di kampung asri ini. Mereka juga masih teguh untuk tetap melestarikan adat istiadat peninggalan leluhurnya. Karena berada di wilayah tataran Sunda, maka adat yang dilestarikan di sini pun adat Sunda. Di sinilah Anda dapat melihat kehidupan masyarakat pedesaan Sunda yang berasal dari masa peralihan dari pengaruh Hindu menuju pengaruh Islam di Jawa Barat.

Luasnya mencapai 1,5 hektare dan masih terlihat sangat hijau alias belum tersentuh modernisasi, padahal letaknya tidak jauh dari jalan raya . Dikelilingi pepohonan hijau, janganlah Anda menyia-nyiakan kesempatan untuk menghirup udara sejuk dan menikmati suara gemericik air sungai dari kejauhan.

Untuk dapat menginap di sini, tentu Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada pejabat setempat dari jauh-jauh hari. Penduduk Kampung Cisarua terkenal dengan keramahannya ketika menyambut wisatawan lokal maupun asing sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika ingin menginap beberapa hari di salah satu rumah penduduk Kampung Cisarua. Anda pasti akan merasa betah.


Berlibur rasanya tidak lengkap jika tanpa membawa oleh-oleh. Dari Kampung Cisarua, Anda dapat memborong Sayuran Super khas penduduk. Harganya pun relatif murah dengan pilihan yang beragam, misalnya Sawi ataupun Cabe . Mereka juga biasanya menjual alat permainan anak tradisional yang terbuat dari kayu. 
 
 
 
 
copas

No comments:

Post a Comment

Pages